10 Cara Menghemat Uang Agar Tidak Cepat Habis

Beberapa hari lagi kita akan memasuki tahun 2017. Banyak orang yang berharap tahun depan harus memiliki kehidupan yang lebih baik lagi. Baik merencanakan pekerjaan, peluang bisnis, dan merencanakan finansial agar lebih baik lagi dari tahun sebelumnya.

Seseorang pasti akan merasa senang apabila tiba saat masuknya gajian ke rekening atau bagi pengusaha atas transaksi penjualan. Banyak hal yang dapat kita lakukan dengan masuknya uang ke rekening. Tetapi kadang impian untuk membeli barang yang kita inginkan gagal dibeli karena tidak dapat berhemat.

Nah berikut cara agar kita dapat berhemat di tahun 2017

1. Menentukan Target Menabung

Anda harus menentukan target jumlah uang yang akan dikumpulkan sebelum memulai menabung. Hal ini dapat memudahkan anda untuk menyisihkan uang tiap harinya.

2. Menabung Otomatis

Adakalanya anda tidak disiplin untuk menabung sesuai perencanaan awal. Apabila anda takut hal ini terjadi lebih baik anda menggunakan fasilitas tabungan Bank dengan jumlah yang anda tentukan maka setiap bulannya gaji anda akan secara otomatis dipotong.

3. Belanja Sesuai Kebutuhan

Buatlah daftar belanja yang benar-benar anda butuhkan. Pergilah berbelanja di supermarket yang besar karena kemungkinan akan ada diskon atau promo. Apabila ada barang substitusi, pilihlah barang dengan harga yang lebih murah.

4. Survei Harga Makan

Mungkin ini terlalu ekstrim, tetapi demi untuk berhemat hal ini harus dilakukan. Kamu harus sering-sering mencari harga makanan di restoran mana yang terdapat harga murah dan pilih yang memberikan menu sehat. Bukan berarti memotong anggaran makan dan tidak dapat makan dengan menu sehat, Masih banyak restoran menu sehat yang memberikan harga murah

5. Kurangi Pemakaian Listrik dan PAM

Ketika ada perabotan dan lampu-lampu yang tidak digunakan lebih baik matikan, gunakan air sesuai keperluan. Berhemat dalam konsumsi Listrik dan PAM tentu sangat baik karena biaya tagihan pasti akan menurun.

6. Cuci Baju Sendiri

Sepertinya akan menghabiskan banyak waktu, tapi mencuci baju sendiri merupakan cara berhemat. Apabila kamu menyediakan 100ribu untuk bayar loundry, lebih baik uang itu kamu gunakan untuk makan / belanja yang lebih penting.

7. Hemat Waktu

Waktu pun menjadi hal yang harus kita pikirkan. Seperti kehidupan di Jakarta, gunakan waktu seefektif mungkin. Jangan gunakan 2 waktu ketika dapat dikerjakan dalam 1 waktu. contohnya saat anda pulang bekerja dan ingin beli makan, sebaiknya anda membeli makan setelah pulang kerja dan sebelum pulang rumah, makan di tempat atau di bungkus sama baiknya, tetapi jangan setelah pulang kerja kamu pulang kerumah untuk mandi, ganti baju dan pergi lagi untuk membeli makan.

8. Jangan Tergoda Diskon

Barang diskon memang susah kita hindari, tapi ingat akan target yang akan kita capai.

9. Monitor Pengeluaran

Pada saat anda memutuskan untuk berhemat, buatlah daftar laporan pengeluaran. Setiap hari ketika anda mengeluarkan uang, anda harus membuat laporan. Jadi pada waktu akhir bulan anda dapat menghitung berapa pengeluaran pada bulan ini

10. Bayarlah Diri Anda Sendiri

Target untuk menabung tentu sulit untuk diputuskan, alangkah baiknya anda mematok berapa diri anda akan dibayar, jadi saat gajian akhir bulan anda transfer sejumlah uang untuk diri anda sendiri, lalu sisanya untuk menabung, Contoh untuk diri sendiri 70%, Menabung 20%, 10% uang darurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Private Online WA : 082250001234 WA Klik Disini