8 Kesalahan Anda Dalam Merawat Anjing

screenshot_33

Setiap anjing memiliki sifat yang berbeda-beda. Tetapi bila anjing sudah hidup bersama dengan manusia, seekor anjing seharusnya bisa berubah menjadi lebih baik. Manusia seringkali menyalahkan anjing yang memiliki perilaku buruk. Sebenarnya tumbuh kembang seekor anjing terletak kepada siapa orang yang merawatnya, tetapi manusia sering kali tidak menyadari letak kesalahan itu. Apa saja kesalahan yang tidak disadari oleh pemilik anjing ?

1. Mendukung Perilaku Buruk

Ketika anak anjing memperlihatkan perilaku seperti menggigit sandal, bandal, mainan ataupun barang yang bukan mainan khusus anjing terlihat lucu dan membiarkannya, itu tandanya anda mengijinkan dia melakukannya. Hal ini sama sekali tidak lucu saat anjing sudah dewasa. Perilaku yang buruh seperti ini sebaiknya anda larang sejak usia dini. Lakukan peringatan keras apabila anjing masih melakukan. Dapat berteriak Stop atau No, dapat juga memukul pantat anjing mengunakan koran/kertas yang sudah digulung. Hal ini sebagai bentuk peringatan bahwa anda tidak menyetejui perilaku tersebut.

2. Tidak Konsisten

Anda tentu tidak suka ketika anda berpakaian rapi untuk pergi ke kantor lalu anjing anda menarik celana anda, melompat ditubuh anda, menggigit sepatu anda. Jika anda tidak ingin anjing duduk di kursi saat tidak dengan anda, jangan pernah tempatkan dia duduk di kursi saat bersama anda. Jika anda tidak ingin anjing makan makanan sembarangan, jangan pernah beri dia makanan selain dogfood. Berikan peraturan tegas kepada anjing anda. Jangan kadang boleh, kadang tidak. Tidak untuk selamanya atau Iya untuk selamanya. Anjing akan memahami apa yang tidak anda sukai.

screenshot_32

3. Tidak Bersosialisasi

Berikan dia pelajaran untuk bertemu dengan banyak orang dan bertemu dengan banyak binatang, baik anjing, unggas, burung bahkan kucing. Semakin anda mensosialisasikan anjing anda, semakin ia merasa nyaman di berbagai situasi. Sosialisasi yang baik akan mengajarkan kepada anjing anda untuk siap menghadapi segala situasi, tidak ada alasan untuk menjadi malu, pendiam, takut atau agresif. Bawalah anjing ke tempat-tempat baru. Bawa ke Petshop, Bawa ke taman bermain, bawa ke rumah makan yang diijinkan, bawa ke rumah teman atau tetangga. Semua pengalaman ini akan mematangkan perilaku anjing untuk tetap tenang dan tidak ada kegelisahan pada anda.

4. Beri Latihan Yang Cukup

Jika anda memiliki anjing yang memiliki perilaku buruk. Bukan salah anjing anda tetapi menjadi salah anda. Berikan dia kesibukan seperti latihan ketangkasan atau ajak bermain sehingga membuat dia kelelahan. Sebagian anjing memiliki energi yang besar, mereka perlu menyalurkan energi tersebut dengan begitu anjing anda akan tetap tenang dan tidak membuat keributan.

5. Terlalu Banyak Waktu Sendiri

Sadari bahwa anjing merupakan teman setia manusia. Jangan biarkan anjing anda terkurung dikandang terlalu lama atau ditinggalkan dirumah sendirian terlalu lama. Apabila anda sibuk dan tidak sempat mengurus lebih baik titipkan anjing di tempat penitipan atau minta bantuan keluarga atau tetangga.

6. Merantai Anjing

Di beberapa negara telah ada undang-undang tentang pengikatan anjing. Bahwa anjing akan merasa ketakutan dan menjadi galak apabila dirantai secara terus menerus. Merantai anjing sebenarnya tidak dianjurkan dengan apapun alasannya. Jika anda tidak memiliki ruang untuk membiarkan anjing untuk bebas bermain dan berlarian, sudah saatnya memberikan rumah baru kepada anjing anda. Berikan kepada seseorang yang sanggup menjadi teman bermain untuk anjing anda.

7. Menyerah

Ada banyak sekali orang yang mengatakan, “saya sudah tidak sanggup mengurus anjing ini”, anjing ini berperilaku buruk, Anjing ini susah diatur. Ingat bahwa kesalahan terletak pada anda. Merawat dan melatih anjing butuh kesabaran dan ketulusan. Anda dapat menaruh anjing kepada sekolah kepatuhan. Ada banyak terdapat di setiap kota, dengan menitipkan anjing kepada pelatih merupakan cara yang baik untuk menghentikan kekesalan anda.

8. Tidak Menyadari Obesitas

Seringkali pemilik anjing menginginkan anjingnya cepat tumbuh besar sehingga memberi makan anjing secara berlebihan. Hal ini membuat anjing menjadi kegemukan bukan malah cepat tumbuh. Anda harus memahami standarisasi anjing dengan benar. Lihat jenis anjing anda, jika memiliki anjing Doberman yang memiliki pinggang ramping dan tubuh kecil, tetapi anda ingin membentuk agar besar seperti Rottweiler, sebaiknya anda bicara dengan dokter hewan tentang prosedur anatomi anjing. Tidak semua anjing dapat disamaratakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Private Online WA : 082250001234 WA Klik Disini