8 Makanan Khas Kota Makassar Paling Enak

screenshot_11

Ibu kota provinsi Sulawesi Selatan yang secara resmi 1971 – 1999 dengan nama Ujung Pandang dan sekarang menjadi Makassar. Pulau terbesar kedua diluar Pulau Jawa setelah Kota Medan. Kota ini berpenduduk terbesar ke enam setelah Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan dan Semarang.

Secara demografis kota ini merupakan multi etnik dengan beberapa suku diantaranya Suku Bugis, Suku Toraja, Suku Mandar, Suku Buton, Suku Jawa dan Tionghoa.

Makassar memiliki makanan khas yang sudah diterkenal sejak dulu. Berikut diantaranya

img_20161202_232408

1. Pallu Basa

Merupakan makanan yang mirip dengan Sop. Berbahan daging dan jeroan sapi. Sop Pallu Basa memiliki rasa santan yang kental dan adanya kelapa sangrai yang di parut. Biasanya disajikan dengan sepiring nasi.

Tempat paling favorit di Jl. Serigala. Buka setiap hari jam 09:00 – 20:00

screenshot_4

2. Coto Makassar

Makanan ini sangat terkenal sampai dikota manapun pasti ada rumah makan Coto Makassar. Makanan berbahan daging sapi dan jeroan sapi. Yang membedakan dengan soto yaitu adanya kacang tanah yang di sangrai.

Tempat favorit Coto Nusantara. Depan Pelabuhan Makassar

screenshot_5

3. Roti Maros

Dahulu roti ini di produksi sebagai industri rumahan. Berbentuk putih seperti bakpao dan dibuat dengan peralatan tradisional. Kini roti maros dibuat dengan peralatan modern dan berbentuk kotak kecoklatan. Berisi selai dengan resep yang sudah turun temurun sejak puluhan tahun silam.

screenshot_8

4. Pisang Ijo

Hidangan Khas dari kota Aging Mammiri. Terbuat dari pisang raja, tepung beras ditambah bubur, sirup dan es serut. Nama Ijo berasal dari tepung pembungkusnya yang berwarna hijau terbuat dari daun pandan.

screenshot_6

5. Jalangkote

Sangat mirip dengan pastel, hanya saja isinya yang berbeda. Jalangkote berisi wortel, daging, kentang, telur, toge dan soun.

screenshot_7

6. Bassang

Bubur khas makassar yang terbuat dari jagung. Seperti sereal

screenshot_9

7. Sop Konro Karebosi

Makanan yang berasal dari tradisi Bugis dan Makassar. Berbahan dasar iga sapi atau daging sapi yang direbus dengan bumbu lainnya. Warna gelap pada kuah berasal dari buah kluwak yang memang berwarna hitam

Tempat favorit Jl. Gunung Lompobattang No. 41 – 43. Makassar

screenshot_10

8. Sop Saudara

Sekilas memiliki nama yang aneh untuk sebuah nama makanan. Tetapi nama itu memiliki identitas tersendiri. Makanan berkuah dari kabupaten Pangkep dapat dijumpai di Kota Makassar.

Sop yang dibuat dari daging sapi, bihun, kentang goreng yang biasanya dibentuk bola kecil dan paru sapi yang di goreng. Biasanya disajikan dengan nasi panas, ikan bakar dan telur rebus sebagai tambahan lauknya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Private Online WA : 082250001234 WA Klik Disini