Cara Merawat Anjing Baru

screenshot_30

Anjing merupakan binatang yang sangat mengerti manusia. Kesetiaan anjing tidak dapat tergantikan oleh binatang lain. Memiliki anjing merupakan hal yang sangat menyenangkan, anjing dapat diajak jalan-jalan bersama, berenang, kegiatan sport atau bahkan untuk menjaga rumah.

Memelihara anjing memang menyenangkan tetapi ada banyak tanggung jawab yang harus dilakukan selaku pemilik anjing. Berikut tips untuk anda yang baru mendapatkan anjing baru

1. Stop Beri Makan

Anjing yang baru saja tiba dirumah baru terkadang akan mengalami stres. Taruh dia ditempat yang nyaman dan jangan diajak bermain terlebih dulu. Biarkan dia tenang dan beradaptasi dengan lingkungan baru. Beri makan setelah 12 jam dia berada dirumah.

2. Memilih Dogfood

Pemberian makan merupakan hal utama bagi mahluk hidup. Pemberian makan pada binatang seperti anjing perlu diperhatikan dengan baik. Kesalahan pada pemilihan makan dapat mengganggu nafsu makan anjing dan bahkan sistem pencernaan. Bila anda membeli ditempat peternak anjing sebaiknya tanyakan apa merek dogfood yang dipakai.

Pilihlah dogfood yang memiliki kadar protein kurang dari 30%, karena di Indonesia merupakan negara tropis maka tidak perlu protein tinggi. Kelebihan protein akan menyebabkan anjing gatal-gatal.  Lalu belilah dogfood dengan merek yang sama terlebih dulu dan beli dogfood yang anda pilih. untuk hari pertama berikan hanya dogfood merek lama. Setelah 2 atau 3 hari campur dengan dogfood baru. Gunakan perbandingan 70% dogfood lama, 30% dogfood baru. Hari besok berikan 50%-50%. Besoknya 30% dogfood lama, 70% dogfood baru. Berikan bertahap hinggal 100% dogfood baru.

3. Gunakan Mangkuk Dogfood dan Minum

Berikan makan dan minum anjing dengan mangkuk secara terpisah. Jangan biasakan hanya menggunakan satu mangkuk saja. Hal ini untuk menjaga agar mangkuk tersebut tetap aman, untuk menjaga kesehatan anjing. Cucilah mangkuk setiap 2 atau 3 hari sekali.

4. Ajak Bermain

Anjing sangat suka bermain, aktifitas bermain anjing dapat juga untuk melatih tulang, pernapasan dan motorik anjing. Buatlah jadwal kapan waktu untuk mengajak anjing bermain.

5. Berlatih Kepatuhan

Berlatih kepatuhan sangat diperlukan saat seseorang serius untuk memelihara anjing. Kepatuhan berguna saat anjing melakukan kegiatan yang tidak kita sukai, seperti merusak barang-barang rumah, berlarian didalam rumah, buang air sembarangan, Menggonggong tanpa henti. Menggunakan perintah Stop atau No untuk melarang anjing melakukan hal yang dilarang.

6. Tempat Tidur

Untuk anjing yang masih anakan lebih baik tempat tidur yang hangat agar anjing tidak kedinginan, dapat menggunakan kain bekas untuk alas tidur. Saat tempat atau alas tidur sudah kotor segera diganti dengan yang masih bersih. Kebersihan yang dijaga akan membuat anjing nyaman dan tetap sehat. Untuk anjing dewasa bisa ditaruh atau disiapkan tempat tidur yang baik dan bersih.

7. Perawatan

Untuk anjing dengan bulu panjang sebaiknya disisir setiap hari. Perawatan terhadap anjing bulu panjang perlu dilakukan agar bulu tidak menggupal dan akhirnya akan rusak. Mandikan anjing secara teratur dan gunakan sampo khusus anjing. Agar tidak repot anjing bisa dibawa ke petshop untuk perawatan grooming.

8. Vaksinasi

Bawa ke dokter hewan untuk dilakukan vaksinasi. Tanyakan ke pemilik sebelumnya kapan terakhir dilakukan suntik vaksin. Anda dapat melihat juga di buku vaksin

9. Kenalkan dengan Lingkungan

Ajak anjing untuk jalan-jalan keluar rumah atau pergi ke taman bermain agar melihat orang lain. Hal ini bertujuan agar anjing menjadi jinak dan tidak galak terhadap orang asing. Beri kesempatan orang lain untuk menyentuh atau memeluk anjing agar dia terbiasa merasakan sentuhan dari orang lain.

10. Berikan Vitamin

Agar anjing tetap sehat lakukan pemberian vitamin secara rutin. selain berolahraga anjing perlu diberi vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh anjing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Private Online WA : 082250001234 WA Klik Disini